Komunitas Ibu Hamil Yang Dapat Membantu Dalam Menghadapai Persalinan

Gregetbanget.com – Pastinya bagi sebagian banyak wanita, proses melahirkan merupakan sesuatu yang menegangkan, terutama bagi para kaum ibu muda yang baru pertama kalinya akan melahirkan.

Sehingga tidak aneh kalau banyak kaum perempuan yang merasa takut dan khawatir sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk membuat mereka merasa tenang menjelang HPL (Hari Prediksi Lahir) mereka.

Namun, beruntung bagi para kaum ibu milenial saat ini karena dengan adanya perkembangan media sosial yang semakin pesat, sehingga banyak para ibu hamil bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi tentang seputar kehamilan. Bahkan mereka juga bergabung dalam sebuah forum dan komunitas.

Seperti yang dilakukan oleh Birth Club June 2016 (BCJune2016). Pada awalnya komunitas ini merupakan sub forum parenting The Urban Mama, yang merupakan tempat berkumpul para ibu hamil yang memiliki HPL yang sama, yaitu Juni 2016.

Menurut salah satu anggota BCJune 2016, Deny Yuliansari mengatakan, walaupun komunitas yang didirikan pada Januari 2016 ini sudah tidak terintegral lagi dengan The Urban Mama, namun BCJune 2016 masih terus berlanjut hingga kini dalam berbagai informasi melalui grup Whatsapp.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

“Awalnya itu, Cuma sekitar 20an anggotanya. Kami adalah pada bumil yang punya HPL Juni 2016. Meski ada beberapa ibu yang lahiran di bulan Mei seperti Mba Afi dan Vita. Serta lahiran di bulan Juli yakni Della dan Wita,” ungkapnya.

Namun semakin lama, kata Deny, hubungan tersebut semakin akrab dan perbincangan mereka di grup whatsapp semakin variatif. Mulai dari obrolan rekomendasi dokter kandungan, USG 4D yang murah, obat yang aman untuk ibu hamil hingga sekedar bercerita tentang pengalaman anggota, dan lain sebagainya.

Selain bisa membanti dalam berbagi informasi soal kehamilan, komunitas ini juga membuat para ibu merasa tenang tentang berbagai keputusan yang akan mereka pilih tentang anak-anak mereka. Seperti tentang ASI eksklusif atau susu formula, memilih melahirkan normal atau cesar, membuat MPASI homemade atau instan, dan lain-lain.

Hal yang sangat menarik dan sering dibahas dalam komunitas ini, kata Deny, adalah keputusan yang para bumil pilih, antara melahirkan normal atau caesar. Dimana, melalui komunitas ini para ibu hamil memiliki pandangan baru tentang melahrikan caesar.

“Sesungguhnya melahirkan, baik secaa caesar, gentle birth, normal atau epidural sama-sama sakit. Sama-sama punya resiko dan juga sama-sama berada diantara hidup dan mati,” tambah Deny.

Mungkin itu saja artikel tentang komunitas ibu hamil kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Kering Pada Kaki

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *