Cara Menghitung Berat Badan Ideal Bagi Kaum Wanita dan Kaum Pria

Image result for ilustrasi berat badan

Jika ditanya tentang siapa yang ingin memiliki berat badan ideal, tentu saja semua orang di seluruh dunia ini akan mengacungkan tangannya secara bersamaan. Ya, memiliki berat badan ideal, berarti juga memiliki bentuk tubuh yang proposional. Dengan bentuk badan yang proposional, tentu saja hal ini dapat menambah rasa percaya diri kita.

Bentuk tubuh yang proposional itu yakni tidak terlihat kurus dan juga tidak terlihat gemuk. Akan tetapi, tak sedikit dari kita yang kebingungan apakah berat badan ini sudah ideal atau belum. Lalu, bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria secara akurat :

  1. Cara Menghitung Berat Badan Dengan Rumus BMI (Bodi Mess Index)

Untuk menghitung berat badan ideal, kamu bisa menggunakan rumus BMI (Bodi Mess Index) atau yang lebih dikenal dengan nama rumus IMT (Indeks Masa Tubuh). Metode ini akan menghitung berat badan berdasarkan tinggi badan yang kamu miliki. Berikut cara perhitungannya :

Berat badan ideal (BBI) = tinggi badan x tinggi badan

Contohnya : Berat badan 50 kg : 1,68 M x 1,68 M = 45 : 2,82 = maka nilai BMI kamu adalah 17,0.

Adapun mengenai beberapa kategori berdasarkan standar nilai BMI seperti dibawah ini :

– BMI 18 = berat badan kamu di kategorikan kurus

– BMI 18-25 = berat badan kamu di kategorikan normal

– BMI 25-27 = berat badan kamu di kategorikan kegemukan

– BMI 27 = berat badan kamu di kategorikan obesitas

  1. Cara Menghitung Berat Badan Menggunakan Rumus Brocha

Sama halnya dengan rumus BMI, rumus Brocha juga akan menghitung berat badan berdasarkan tinggi badan. Misalkan saja tinggi badan kamu itu adalah 167 cm, maka cara menghitungnya (167 – 100) – (15 % x tinggi badan – 100) = 67 – (15 % x 67) = 67 – 10,5 = 56,5 kg. Itu artinya, kamu yang bertinggi badan 167 cm memiliki berat badan sekitar 56,5 kg. Akan tetapi, presentase 15 % bisa berubah menjadi 10 %, tergantung kondisi kebugaran tubuhmu.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menghitung berat badan yang ideal. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, pada intinya kamu harus menerapkan pola hidup sehat.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *