6 Kriteria Website Toko Online Terpercaya

Kita adalah manusia yang hidup di era digital. Era dimana berbagai urusan, baik ekonomi,
sosial, budaya, bahkan politik sudah terdigitalisasi. Era ini menawarkan kemudahan,
kepraktisan, efektivitas, dan efisiensi. Namun, dibalik kelebihan – kelebihan tersebut, terselip
pula dampak negatif yang membahayakan kita, salah satunya ialah rawannya penipuan saat
berbelanja online.

Berbicara soal kriteria, maka tidak hanya soal kriteria memilih pendamping hidup saja.
Namun, kriteria memilih website toko online terpercaya juga perlu diketahui. Lantas,
bagaimana kriteria memilih toko online terbaik dan terpercaya agar terhindar dari penipuan ?

Berikut ini tipsnya. Check this out, guys !

1. Toko online terbaik memiliki desain yang berkualitas

Sebelum melanjutkan aktivitas transaksi online, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan desain dari toko online tersebut. Tahukah kamu bahwa desain berkualitas menandakan besarnya investasi uang dan waktu yang ada pada toko online tersebut. Semakin besar investasi pada toko online, maka semakin besar pula tingkat kredibilitas toko online tersebut. Riset dari Stanford University menunjukkan bahwa website dievaluasi dengan cepat dari desainnya.

2. Toko online terbaik memiliki ejaan atau gramatikal bahasa yang bagus

Kita tidak dapat mengabaikan kata-kata yang ada di website jual online. Jika kamu merasa bahwa kata-katanya hanyalah terjemahan dari google translate, maka dapat dikatakan bahwa toko online tersebut tidak terpercaya dan hanya abal-abal belaka. Jadi, kamu perlu menyimak kalimat-kalimat di website tersebut dengan sangat baik.

3. Toko online terbaik memiliki konten yang up to date

Coba lihat tanggal yang tertera pada artikel, blog, dsb pada website toko online tersebut. Jika kontennya up to date, maka itu artinya toko online tersebut diurus dengan baik. Jika tidak ada tanggal, maka kamu patut mencurigai kredibilitas toko online tersebut dan sebaiknya tidak beli barang di situ.

4. Toko online terbaik dilihat dari nama perusahaan

Lihatlah nama perusahaan dengan jeli. Jika nama perusahaan tersebut terkenal, maka toko online itu bisa dikatakan aman. Jika kamu belum pernah mendengar namanya sebelumnya, maka carilah nama perusahaan tersebut di search engine. Kemudian, lihat juga tahun copyright nya. Jika sudah lewat beberapa tahun dari sekarang, maka bisa jadi website tersebut tidak terurus.

5. Toko online terbaik memiliki halaman layanan pelanggan

Dalam berbelanja online, pelanggan atau klien memiliki kekhawatiran saat barang yang dibelinya tidak kunjung tiba. Oleh karena itu, toko online yang baik pasti menyertakan halaman layanan pelanggan yang di dalamnya terdapat ‘kontak kami’, ‘hubungi kami’ dan pernyataan pengembalian uang apabila barang tidak sampai. Namun, jika website tersebut tidak memiliki hal –hal di atas, maka berpikirlah seribu kali untuk beli barang di toko online itu.

6. Toko online terbaik memiliki testimoni positif

Testimoni sudah menjadi senjata ampuh untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan. Dengan banyaknya testimoni positif dan sedikit review negatif dari pelanggan, kamu pun dapat menilai bahwa toko online tempat kamu berbelanja ini cukup terpercaya. Ya, jika toko online tersebut memiliki testimoni yang semuanya positif dan tidak ada review negatif, ada kemungkinan orang-orang yang memberi testimoni dibayar.

Seperti yang kita ketahui, tak ada gading yang tak retak. Kesimpulannya, toko online tersebut pasti memiliki setidaknya sedikit review negatif. Sedikit review negatif menandakan bahwa hanya segelintir pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan toko online tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, kamu juga perlu melihat ada atau tidaknya respon dari admin toko online. Adanya respon memiliki makna bahwa toko online itu mau memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Jika tidak ada testimoni di website, kamu dapat mencarinya sendiri di google review.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *