5 Jenis Tanaman Obat Herbal Di Pekarangan Rumah

Ini Jenis Tanaman Obat Herbal Yang Bisa Ditanam Di Pekarangan Rumah

Sejak zaman dahulu hingga sekarang semakin banyak tanaman yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan, sedang, hingga kronis. Disisi lain di zaman yang semakin maju ini, obat bahan kimia pun menjadi banyak dan jika terus menerus digunakan akan berdampak buruk pada ginjal. Belakangan ini, para ibu rumah tangga dengan gencarnya mengelola lahan kosong untuk menanam Tanaman TOGA. Selain itu, menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha untuk membuat jamu maupun obat herbal lainnya. Simak beberapa jenis tanaman obat herbal di pekarangan rumah yang bisa anda tanam sendiri.  

Tanaman TOGA sendiri adalalah jenis tanaman obat dari tumbuhan yang sudah diidentifikasi berdasarkan pengamatan dan penelitian manusia, dimana kandungan tanaman obat memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit secara tradisional (herbal). 

Sebelum mengenal obat racikan dari dokter, masyarakat Indonesia memang sudah lebih dulu mengenal obat herbal yang diracik sendiri di rumah dengan menggunakan tanaman obat. Lantas, kira – kira tanaman obat apa saja yang bisa ditanam sendiri di rumah dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh?

Berikut dibawah ini akan diperkenalkan 5 jenis tanaman obat herbal yang bisa ditanam di pekarangan rumah?

1. Jahe

Tanaman obat herbal keluarga pertama yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah yaitu jahe. Tanaman ini mengandung vitamin C dan magnesium untuk menguatkan sistem imun. Selain itu masih ada kandungan lainnya seperti gingerols, shogaols, dan zingerones yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. 

Tanaman Jahe Merah Kotamobagu Dilirik Investor China

Manfaatnya banyak dan bisa memenuhi kebutuhan kesehatan bagi tubuh, tidak diragukan lagi jika rutin mengkonsumsinya dipercaya dapat menghilangkan bau mulut. Selain itu masih ada manfaat lain dari jahe untuk kesehatan antara lain :

  • Obat pereda sakit kepala dan demam
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Menjadi obat sakit perut
  • Membantu mencegah penyakit kanker

2. Kunyit

Selain digunakan sebagai pewarna alami makanan, kunyit juga menjadi tanaman obat herbal yang banyak manfaatnya. Kunyit atau kunir ini memiliki kandungan terbaik seperti fruktosa, glukosa, kalium, kalsium, zinc, zat kurkumin, dan minyak atsiri. 

Kunyit – Balittro

Beberapa manfaat dari tanaman kunyit untuk kesehatan antara lain meredakan peradangan, mengurangi nyeri saat haid, serta mengatasi masalah kulit dan gatal pada kulit. 

3. Kencur

Selain menjadi bumbu masakan di dapur, kencur atau cikur ini memiliki aroma yang unik. Kencur termasuk dari bagian jahe yang sangat bermanfaat bagi tanaman obat herbal. Kandungan yang dimilikinya antara lain serat, protein, fosfor, zinc, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin K, dan folat. Selain itu kencur juga memiliki senyawa antioksidan dan anti nyeri. 

Kencur, Segudang Manfaat di Dapur dan Khasiat Tanaman Obat - Greeners.Co

Beberapa manfaat dari kencur untuk kesehatan antara lain menurunkan tekanan darah kolesterol pada tubuh, mengobati diare, dan menghilangkan perut kembung. 

4. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah jenis tanaman obat herbal keluarga yang cukup dikenal dan dipercaya ampuh menyembuhkan beberapa penyakit seperti gusi bengkak dan luka di kulit. Kumis kucing pun mengandung zat anti radang, dimana zat tersebut berfungsi untuk mengendalikan gejala rematik, alergi, asam urat, dan penyakit ginjal. 

Kenali 7 Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan | BeritaBeta

5. Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki kandungan berupa asam apfel, asam malat, triterpenoid, tannin, dan eugenol. Sementara dalam buah biji terkandung asam amino, kalsium, fosfor, besi, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1. Banyak sekali kandungan yang terdapat dalam daun maupun buah jambu biji yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal sejak dahulu yang bermanfaat sebagai obat herbal. 

Flora Dan Fauna - Pohon Berbuah Jambu Biji - HKBNI

Beberapa manfaat daun dan buah jambu biji untuk kesehatan antara lain mengobati diabetes mellitus, sariawan, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menyehatkan kulit. 

Baca Juga : Surat Lamaran Kerja Yang Umum 

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *