Inilah 5 Manfaat Saffron Untuk Kecantikan.

gregetbanget.com – Mungkin sebagian dari anda belum begitu kenal dengan yang namanya saffron? Saffron dengan nama latin Crocus sativus L ini merupakan tanaman bunga yang berfungsi sebagai bumbu rempah yang dipercaya memiliki beragam khasiat, khususnya untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaat saffron untuk kecantikan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :

Manfaat Safron

1. Mengandung Antioksidan

Manfaat saffron untuk kecantikan yang pertama adalah mengandung antioksidan di dalamnya. Jenis anti oksidan pada saffron ini diantaranya adalah crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol yang mampu membantu menangkal radikak bebas. 

Radikal bebas ini sendiri merupakan molekul reaktif yang bisa menumpuk yang disebabkan oleh proses alami serta paparan lingkungan. Apabila terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh, maka hal ini bisa menyebabkan stres oksidatif sehingga meningkatkan risiko kerusakan sel, termasuk sel-se; kulit wajah.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba menggunakan masker wajah yang terbuat dari saffron secara rutin. Karena masker wajah dari saffron ini diklaim dapat memperbaiki sel-sel kulit rusak akibat stres oksidatif, stres, hingga penuaan. 

2. Mengatasi Bekas Jerawat

Jika anda memiliki permasalahan kulit seperti jerawat, maka anda bisa coba mengatasi hal tersebut menggunakan saffron. Anda bisa menggunakan saffron ini sebagai masker wajah alami dengan menambahkan susu cair putih. Susu putih sendiri berkhasiat sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati. 

Dengan menggunakan masker wajah saffron dan susu putih secara rutin, maka jerawat dan noda pada wajah anda pun akan memudar dengan cepat. Adapun cara membuat membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama anda siapkan 3-4 helai saffron dan ¼ gelas susu cair putih.
  • Lalu rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu kurang lebih selama 2 jam.
  • Setelah itu oleskan masker saffron dan susu pada area wajah serta leher anda. Namun, hindari area bibir dan mata.
  • Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

Baca Juga : 4 Tips Simpel Perawatan Wajah Pria Agar Selalu Tampil Menawan

3. Mengatasi Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata

Manfaat saffron untuk kecantikan yang lainnya adalah mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda. Lingkaran hitam di sekitar mata ini bisa muncul biasanya akibat sulit tidur di malam hari. Lingkaran hitam di bawah mata ini tentunya akan membuat penampilan wajah anda terlihat kurang menarik.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan saffron. Carannya adalah siapkan 2-3 helaian safffron dan 2 sendok makan air. Lalu, buatlah masker wajah dari saffron sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah rendam saffron dan air semalaman. Lalu pada keesokan paginya, haluskan saffron sampai lembut dan larut sepenuhnya dengan air.
  • Kemudian oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. 

4. Mengurangi Iritasi Kulit

Manfaat saffron untuk kecantikan berikutnya adalah untuk mengurangi iratasi pada kulit. Hal ini dikarenakan pada saffron mengandung antioksidan crocin, crocetin, kaempferol yang berfungsi sebagai anti radang.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa zat anti radang ini bisa membantu mengurangi ruam, iritasi dan pembengkakan pada kulit. 

5. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Ultraviolet

Manfaat saffron untuk kecantikan yang terakhir adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Hal ini dikarenakan pada saffron terdapat kandungan antioksidan, seperti quercetin, dan kaempferol.  

Begitulah ulasan terkait manfaat saffron untuk kecantikan,mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk tampil bersinar setiap hari.

Baca Juga : 9 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik Yang Wajib Kamu Punya Di Rumah.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *