2 Cara Alami Menghilangkan Masalah Ketombe Yang Parah

Adanya ketombe di kulit kepala memang akan menjadi masalah untuk seseorang yang mengalaminya. Keberadaan si putih ini memang selalu bikin kesel dan akan sangat menganggu. Apalagi jika ketombe ketombe itu pada berjatuhan di pakaian gelap yang sedang kita pakai, maka tentunya hal itu akan menyebabkan kita merasa tidak percaya diri.

Banyak faktor yang menyebabkan di kulit kepala ada ketombe seperti sering gonta ganti produk shampoo, kurang menjaga kebersihan, penggunaan bahan bahan kimia, dan penyebab yang lainnya. Terkadang seseorang menggunakan obat penghilang ketombe yang mahal dan juga mengandung bahan kimia serta belum tentu efektif didalam menghilangkan ketombe. Dan obat berbahan kimia itu terkadang akan menyebabkan efek samping bagi penggunanya.

Sebenarnya kita bisa menggunakan cara menghilangkan ketombe secara alami yang pastinya akan aman dan juga murah. Tetapi jika ketombe kita sudah parah bagaimana cara mengatasinya? Berikut 2 cara alami didalam menghilangkan masalah ketombe yang parah diantaranya yaitu :

1. Dengan Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon dapat merontokkan sel sel kulit yang telah mati karena mengandung asam sitrat. Sehingga buah lemon ini dapat menghilangkan ketombe yang parah di kulit kepala kita. Cara pemanfaatnya pun mudah yaitu dengan menyiapkan 2 sendok makan air perasan dari buah lemon. Selain itu siapkan juga 1 sendok makan air jus lemon dan air putih sebanyak 250 ml.

Caranya adalah 2 sendok makan air perasan buah lemon tadi dituangkan ke kulit kepala lalu gosok sambil dilakukan pemijatan secara lembut dan diamkan selama 1 menit. Selanjutnya 1 sendok makan air jus lemon dicampurkan kedalam 250 ml air putih, lalu siramkan ke atas kepala dan bersihkan dengan menggunakan air. Untuk mendapatkan hasil yang optimal lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

2. Dengan Menggunakan Fenugreek

Tanaman fenugreek ini mungkin akan terdengar asing, karena tanaman ini merupakan tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu terutama didalam masakan india. Tanaman ini dapat membuat rambut tumbuh dengan lebih sehat karena kaya akan protein dan juga asam amino. Langkah pertamanya adalah dengan menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu seperti 2 sendok makan biji fenugreek, 1 mangkuk air atau sebanyak 250 ml, dan juga alat untuk menggiling biji.

Caranya adalah biji fenugreek direndam terlebih dahulu didalam sebuah mangkuk yang berisi air selama semalaman. Pada keesokan harinya buang air rendamannya dan giling biji sehingga menjadi pasta yang halus. Setelah itu oleskan pasta pada bagian kulit kepala secara merata dan diamkan selama 30 sampai 45 menit. Dan langkah terakhirnya adalah bersihkan kulit kepala sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur sebanyak seminggu 2 kali.

Itulah 2 cara alami didalam menghilangkan masalah ketombe yang parah. Selain dengan menggunakan buah lemon karena dapat merontokkan sel sel kulit yang telah mati karena mengandung asam sitrat. Tetapi kita juga dapat menggunakan tanaman fenugreek karena tanaman ini dapat membuat rambut tumbuh dengan lebih sehat karena kaya akan protein dan juga asam amino.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *