Doa-Doa Setelah Sholat Tahajud dan Keutamannya Sholatnya

0
Advertisements
Sumber: Viva

Dalam ajaran agama islam terdapat berbagai macam cara untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan berbuat baik sesama manusia pun juga salah satu cara mendekatkan diri kepada-Nya. Kebiasaan orang islam selalu mendekatkan diri dengan cara sholat, pujian, dzikir, dan doa-doa lainnya. Banyak jenis lantunan pujian, dzikir, maupun doa-doa setelah sholat. Mungkin beberapa orang islam telah merasakan keutmaan berdoa setelah sholat. Seperti halnya yang telah dianjurkan oleh nabi Muhammad, berdoa setelah melaksanakan sholat.

Tahukah anda, sholat tahajud adalah sholat yang dilaksanakan pada malam hari. Biasanya sholat sunah ini dikerjakan setalah bangun tidur. Kebanyakan orang melaksanakan sholat sunah ini atas panggilan hati. Namun tidak semua orang seperti itu, sebagian darinya melaksakan sholat tahajud dikarenakan ingin mendekatkan diri dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Bagaimana dengan anda?, apakah anda termasuk orang yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud?.

Sholat yang dilaksanakan sebanyak minimal dua rakaat ini menyimpan keutamaan yang luar biasa. Biasanya waktu melaksakan sholat tahajud adalah setelah waktu isya’ hingga menjelang shubuh. Namun alangkah baiknya jika anda ingin melaksakan sholat tahajud ini pada waktu sepertiga malam. Begitu banyak orang muslim setelah melaksakan sholat langsung berdoa. Hal ini dikarenakan membaca doa setelah sholat tahajud tidak kalah penting dari pelaksanaan sholat itu sendiri.

Berdoa Setelah Sholat Tahajud

Begitu banyak doa-doa setelah sholat yang bisa anda lantunkan setelah melaksakan sholat. Doa-doa tersebut sesuai dengan anjuran nabi Muhammad. Di dalam islam pun diajarkan bahwa hendaknya berdoa sebelum dan sesudah melaksakan sholat. Hal ini dikarenakan doa adalah suatu bentuk kepasrahan umat kepada Tuhannya. Berdoa setalah sholat pun bisa memberikan ketenangan jiwa dan  hati. Tidak hanya kita yang mendapat manfaat dari berdoa, akan tetapi orang disekitar pun akan merasakan hal itu.

Bagi anda yang sering mengalami gelisah hendaknya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setalah malaksanakan sholat tahajud hendaknya berdoa memohon ampunan dan petunjuk agar semua permasalahan yang menimpah segera diselesaikan dengan baik dan tepat. Hal ini dikarenakan melaksakan sholat tahajud atau sholat sepertiga malam akan menenangkan hati dan pikiran.

Baca juga: 3 Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah

Advertisements

Keutamaan Sholat Tahajud

Di dalam islam terdapat berbagai macam jenis sholat untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya. Sebgai umat yang baik serta tunduk pada ajaran islam sebaiknya tidak meninggalkan sholat. Setelah melaksakan sholat anda bisa berdoa dan memohon pertolongan kepada-Nya. Sholat dan berdoa adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Maka hendaknya berdoalah setalah melaksanakan ibadah sholat.

Sebagian orang melaksanakan sholat tahajud karena ingin masuk surga. Dengan sholat dan berdoa setelahnya akan ditunjukkan jalan menuju surga. Melaksakan sholat tahajud pun akan memberikan kemudahan dalam menghadapi ujian hidup di dunia. Doa yang anda panjatkan pun mudah dikabulkan. Banyak orang yang beranggapan jika sholat diwaktu sepertiga malam lebih khusuyuk. Sehingga mereka meyakini bahwa doa yang dipanjatkan akan segera dikabulkan.

Tak hanya itu, sholat dan berdoa setelah melaksanakan tahajud akan mengangkat derajat kita. Orang tua atau orang disekitar pun ikut terangkat derajatnya. Doa-doa setelah sholat tahajud pun bisa dikabulkan dengan segera. Sholat tahajud pun bisa menambah ladang pahala yang nantinnya akan mempermudah anda dalam menggapai surge-Nya. Dosa-dosa yang telah anda perbuat akan diampuni oleh Allah SWT. Maka dari itu berdoalah dengan cara yang baik pula.

Baca juga: Kumpulan Doa-Doa yang Penting Untuk di Baca

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *