Resep Kue Basah Tradisional Surabi Solo

gregetbanget.com – Solo terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak sekali makanan khas. Salah satu dari makanan khas tersebut adalah surabi solo. Rasanya yang sangat khas membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk datang langsung kesana dan menikmatinya. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata cukup mudah untuk membuat sendiri surabi home made di rumah?

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Solo, Anda bisa mengisi waktu luang dengan mencoba resep kue tradisional surabi solo di bawah ini. Dijamin akan sangat simple dan mudah untuk dicoba. Tentu Anda butuh untuk membeli bahan-bahannya terlebih dahulu. Ada tiga jenis bahan yang perlu dipersiapkan, yakni bahan utama, bahan santan dan topping. Bahan utama yang perlu dipersiapkan adalah:

  • 600 ml santan, lebih baik menggunakan santan yang kental 
  • ¼ kg tepung beras 
  • 2 daun pandan yang sudah disimpulkan 
  • ½ sendok teh garam 
  • 1 sendok teh ragi 
  • 75 gram gula pasir 
  • 2 butir telur 

Sedangkan untuk bahan santan arehnya, hanya dibutuhkan dua bahan saja yakni 150 ml santan yang sangat kental dan ½ sendok teh garam. Garam dalam santan areh berfungsi untuk membuatnya memiliki rasa yang gurih. Bahan topping bisa disesuaikan dengan selera, misalnya saja keju, selai buah, meises atau kacang. Setelah mempersiapkan bahan, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat surabi solo:

1. Rebus santan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus santan. Pilihlah jenis santan yang tidak terlalu kental atau terlalu encer. Anda bisa menggunakan santan instan untuk ini. Campurkan santan dengan garam dan daun pandan yang sudah disimpulkan. Rebus hingga mendidih dan aroma pandan mulai tercium dari rebusan santan. Setelah itu, dinginkan dan letakkan dalam wadah. Tunggu hingga mendingin 

2. Campur bahan-bahan lainnya 

Langkah kedua adalah campurkan bahan-bahan mulai dari tepung beras, ragi dan gula pasir. Aduk hingga merata. Letakkan campuran tersebut ke dalam wadah dan tuangkan santan sedikit demi seikit ke dalam wadah tersebut. Lakukan hal ini sampai santan habis. Pastikan bahwa bahan-bahan dan santan tercampur dengan baik. 

Baca Juga : MAKANAN FAVORIT KHAS BOGOR DENGAN RASA YANG WAH

3. Tambahkan telur

Adonan santan dan bahan yang sudah tercampur selanjutnya akan ditambahkan telur. Sebelum memasukkan telur ke dalam adonan, kocok lepas telur. Aduk adonan ini menggunakan whisk. Tujuannya adalah supaya telur yang dicampurkan tidak bergerindil. Hasil akhir dari adonan yang bergerindil akan tidak lembut dan kurang enak. Kocoklah telur hingga berbuih. Bila sudah berbuih, biarkan adonan hingga sekitar 90 menit. 

4. Masak surabi 

Untuk bisa memasak surabi, Anda perlu untuk memanaskan wajan terlebih dahulu. Gunakan api kecil untuk memanaskannya. Bila wajan sudah panas, tuangkan adonan surabi sedikit demi sedikit. Agar takarannya bisa sama, gunakan sendok sayur untuk bisa mendapatkan hasil yang sama. Bila sudah, ratakan bagian pinggir menggunakan sendok. Pastikan agar bagian tengah surabi lebih gembung dibandingkan pinggirannya. 

5. Pemberian santan areh 

Sebelum surabi benar-benar matang, siram surabi dengan satu sendok teh santan areh yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Bila sudah, Anda bisa menunggu surabi hingga matang sempurna dan membentuk sarang. Agar mempercepat kematangan, Anda bisa menutup wajan menggunakan penutupnya. 

Cukup mudah bukan proses pembuatannya? Anda bisa mengalikan resep bila ingin membuat surabi dengan jumlah yang lebih banyak. Bila sukses dalam percobaan pertama, Anda bisa membuat bisnis kue tradisional surabi solo sendiri loh. Menarik bukan? Agar semakin enak, Anda bisa menggunakan topping lain seperti meises atau keju. 

Baca Juga : Resep Kue Basah Tradisional Bolu Sarang Semut 

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *