3 Langkah Membuat Lagu untuk Pemula

Memiliki suatu lagu ciptaan sendiri ialah suatu kehormatan  tersendiri untuk para pemusik, terutama para musisi yang hendak bercita-cita untuk membuat sebuah karya musik yang berupa lagu-lagu yang menyentuh, easy listening, dan digemari masyarakat, yang kesudahannya mereka mendapat  hasil dari karya-karya mereka. Lagu adalah gubahan seni nada atau suara yang berurutan,terdiri dari kombinasi, dan memiliki hubungan temporal (biasanya diiringi dengan perangkat musik) guna menghasilkan gubahan musik yang memiliki kesatuan dan kesinambungan (berisi irama).

Kali ini, kami memberikan tulisan tentang step by step teknik membuat sebuat lagu yang utuh dan teratur, dan tentunya dapat mempermudah semua pemusik muda atau semua musisi muda untuk menciptakan karya-karya yang lebih berkualitas.

  1. Inspirasi Lagu

Yang paling mula kamu mesti kerjakan dalam menciptakan sebuah lagu ciptaan anda sendiri ialah mencari “Inspirasi”. Inspirasilah yang menuntun anda dalam menciptakan lagu mulai dari awal hingga akhir akan paling berpengaruh. Jadi carilah ilham lagu anda terlebih dahulu sebelum anda membuat lagu ciptaan anda sendiri. Inspirasi dapat di dapat melewati perasaan, lingkungan, kejadian, keadaan, dan lain-lain, yang bisa menjadikan anda termotivasi dan terinspirasi guna melagukan iinspirasi yang anda sudah dapat.

  1. Tentukan Tipe Lagu

Setelah menemukan sebuah inspirasi, yang mesti anda lakukan selanjutnya yaitu anda harus menilai tipe lagu apa yang akan anda buat, apakah tipe lagu romantis, cinta, kesedihan, kebahagiaan, petualangan, kisah hidup, dan lain-lain. Tipe lagu akan dapat ditentukan ketika inspirasi lagu telah di dapat. Menentukan tipe lagu pun sangat urgen karena pun akan berpengaruh pada nuansa musikalitas lagu dan lirik lagu yang akan anda buat.

  1. Tentukan Genre Lagu

Selanjutnya yang mesti anda lakukan ialah tentukan genre atau aliran musik apa yang akan anda masukkan kedalam lagumu. Genre akan gampang ditentukan andai kamu telah menilai tipe lagu kamu. Lebih baik pun genre musik menyatu atau singkron dengan tipe lagu yang sudah anda tentukan, seperti tipe lagu romantis dengan aliran musik pop akan paling sinkron dan menyebabkan lagu mempunyai soul/jiwa dan bakal terasa untuk yang mendengarkan.

  1. Buatlah Lirik Lagu

Pembuatan lirik lagu ialah tahap selanjutnya yang mesti anda lakukan. Lirik lagu yang beralur dan memiliki kedalaman kata-kata yang dahsyat ialah lirik lagu yang berkualitas. Inspirasi yang telah anda miliki bakal menuntun anda untuk menciptakan kata-kata dalam lirik lagu yang akan anda buat, menyusunnya sampai inspirasi tersebut dapat tertuangkan dengan lirik lagu yang anda buat.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *