Gejala dan Tanda dari Penyakit Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ yang memiliki bentuk seperti kacang merah, yang letaknya berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, atau yang lebih tepatnya lagi berada di bawah tulang rusuk. Organ ginjal itu sendiri memiliki beberapa fungsi seperti dapat mengatur tekanan darah, menstimulasi produksi sel darah merah, menyaring ampas metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh, serta menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan, maka sisa-sisa metabolieme tubuh akan memicu terjadinya beberapa gejala seperti pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, sesak nafas, hingga sulit tidur. Apabila tidak segera ditangani, maka penyakit ginjal ini akan menuju ke tingkat yang lebih parah lagi lho. Adapun mengenai tipe-tipe penyakit ginjal seperti di bawah ini :

  1. Penyakit Ginjal Akut

Merupakan sebuah kondisi dimana ginjal yang secara tiba-tiba menghentikan fungsinya, dan akan berdampak buruk terhadap organ tubuh lainnya. Penyakit ginjal akut ini akan ditandai dengan beberapa gejala seperti dehidrasi, sakit perut, sakit pinggang belakang, tekanan darah tinggi, sering mual dan muntah, dan menimbun cairan di berbagai tubuh.

gejala penyakit ginjal

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah sebuah kondisi penurunan fungsi ginkal secara bertahap dan bersifat permanen, yang akan ditandai dengan beberapa gejala seperti mual, kelelahan, dan sesak nafas. Banyak dari penderitanya yang tidak menyadari gejala tersebut, sehingga kondisinya berlanjut ke stadium yang lebih parah lagi. Gagal ginjal yang dibiarkan ini akan menuju ke ginjal kronis.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal ini adalah perpindahan bakteri dari kandung kemih menuju ke salah satu atau kedua ginjal, yang bisa menimbulkan rasa sakit yang disertai dengan beberapa gejala seperti diare, sering buang air kecil, cairan urine yang mengeluarkan bau menyengat, demam, mual-mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal ini adalah terbentuknya batuan kecil yang bertekstur keras, dan adanya penimbunan mineral serta garam pada salah satu atau kedua organ ginjal. Ginjal batu itu sendiri baru akan terasa ketika batuan kecil tersebut telah membesar, serta keluar dari ginjal yang menuju ke ureter sehingga bisa menyebabkan gesekan yang akan mengalami iritasi. Adapun mengenai beberapa gejala yang ditimbulkan dari batu ginjal ini seperti rasa mual, muntah, sulit tidur, terasa sakit saat buang air kecil, dan urine yang mengeluarkan bau menyengat.

Penyebab Penyakit Ginjal Akut

– Darah yang dipompa oleh jantung menjadi lebih sedikit.

– Volume darah dalam tubuh menjadi berkurang, dikarenakan terjadi pendarahan dan diare.

– Gangguan pembuluh darah, karena dinding pembuluh darah yang menyumbat aliran darah.

– Pengaruh obat-obatan tertentu, yang bisa memicu interaksi terhadap ginjal.

Itulah beberapa gejala dari penyakit ginjal. Jika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas tadi, segera periksakan diri ke dokter.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *