Ini Dia Beberapa Fakta Terkait Menurunnya Penjualan Mitsubishi Xpander Di Bulan Juni 2018

Menurut berita otomotif jika pada bulan Juni kemarin penjualan Mitsubshi Xpander tidak seperti sebelumnya karena melorot hingga lebih 50 %. Padahal pada bulan Mei lalu mobil ini dapat terjual hingga sebanyak 7.601 unit, ini dilihat dari data yang dilihat di wholesales gabungan industry kendaraan bermotor Indonesia (gaikindo). Tetapi dibulan Juni kemarin mobil ini hanya terjual sebanyak 3.278 unit saja. Lalu apa yang menyebabkan penjualan Mitsubishi Xpander dibulan Juni menurun?

Berikut beberapa fakta terkait menurunnya penjualan Mitsubishi Xpander di bulan Juni 2018 diantaranya yaitu :

  1. Hari Efektif Kerja Yang Terpotong

Salah satu petinggi Mitsubishi yaitu Irwan Kuncoro selaku Sales & Marketing Director PT MMKSI, menjawab dengan logis jika terjadinya penurunan penjualan Xpander ini terjadi karena terpotongnya hari efektif kerja, dibulan Juni kemarin adanya libur panjang lebaran dan juga karena faktor kendala pengiriman. Seperti yang kita ketahui jika di bulan Juni itu terjadinya pembatasan pengoperasian kendaraan ekspedisi selama masa mudik sedang berlangsung. Hal ini merupakan seasonal lebaran yang akan terjadi didalam setiap tahunnya.

 

  1. Penurunannya Lebih Besar Jika Dibandingkan Dari Para Pesaingnya

Angka penurunan penjualan dari Xpander ini jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Toyota Avanza sama sama mengalami penurunan penjualan di Bulan Juni kemarin, hanya saja Avanza penurunannya lebih banyak karena hanya terjual sebanyak 4.648 unit. Meski kalah dari Avanza tetapi Xpander ini masih memegang erat posisinya sebagai tahta LMPV diparuh tahun fiskal.

Dari Januari hingga Juni 2018, Xpander sudah tercatat terjual hingga 39.948 unit. Sedangkan Avanza hanya terjual sebanyak 39.455 unit. Kedua merek mobil ini akan bertarung secara ketat untuk bisa menduduki diposisi atas, meski hingga saat ini belum ada versi terbaru dari Avanza. Meski begitu pertarungan untuk mendapat ceruk pasar low MOV belum berakhir sampai disitu saja.

Saat ini Mitsubishi sedang bersiap siap untuk meluncurkan varian terbaru dari Xpander di GIIAS pada bulan Agustus nanti. Dalam arti pabrikan dengan lambang tiga berlian ini serius akan menggempur Avanza yang sudah sejak lama mengakar dihati para konsumen di Indonesia. Dan Ertiga menempati posisi yang ketiga dipasar mobil Tanah Air dengan jubah baru dan mesin yang baru juga. Pada bulan Mei 2018 lalu Ertiga ini terjual cukup banyak dengan jumlah 4.449 unit. Tetapi karena adanya liburan panjang maka ikut mengalami penurunan dan hanya terjual sebanyak 1.929 unit saja.

 

Itulah beberapa fakta terkait menurunnya penjualan Mitsubishi Xpander di bulan Juni 2018. Pada intinya semua merk mobil di Bulan Juni itu mengalami penurunan jumlah penjualan meski berbeda beda porsinya karena faktor musiman.

Post Author: dindazifanahmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *